Laman

November 21, 2012

Meet the YWN: Online Marketing

the-marketeers.com
Youth, Women, and Netizen (YWN) diklaim sebagai new wave ready customers. Seperti apa pandangan mereka tentang online marketing diulas dalam bentuk interview dengan poin-poin berikut:

Pendapat mengenai online marketing: sangat penting karena pendekatan ke customer bisa personal dan lebih mengena (Y), sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat urban (W), merupakan salah satu sarana untuk memasarkan produk (N).

Pemanfaatan online marketing: sebagai media promosi visi, misi dan kegiatan organisasi (Y), untuk menciptakan interaksi dengan customer dan melakukan commercialization (W), selalu dimanfaatkan, terutama social media untuk berbagi informasi dengan komunitas (N).

Tanggapan pertama bila menerima penawaran melalui online marketing: diabaikan, kecuali penawaran yang berifat personal (Y), merasa terganggu bila tidak sesuai dengan preferensi (W), dibaca bila sesuai dengan kebutuhan (N).

Bagaimana membangun brand awareness dan customer loyalty secara online: konsistensi, fokus, relevan, dan personal touch (Y), mengambil peran sebagai teman dan berinteraksi dengan customer (W), jujur dalam menyampaikan informasi (N).

Masukan bagi online marketing: social media dapat dimanfaatkan untuk meng-engage customer (Y), utamakan edukasi yang memperkaya pengetahuan customer (W), social media bukan untuk berdagang tapi untuk berteman (N).

Pengalaman buruk dengan online marketing: posting negatif dapat menjatuhkan mental (Y), informasi produk tidak sesuai dengan ekspektasi (W), salah posting dapat mengundang protes dari follower (N).

Pengalaman baik dengan online marketing: belajar menerima comment dan mengambil hikmah (Y), mendapat potongan harga (W), mendapat voucher belanja (N).

Manfaat lainnya dari internet bagi marketing: marketer harus bisa menciptakan sesuatu yang original (Y), ramah lingkungan karena tidak perlu mencetak katalog (W), harus update dengan perkembangan social media baru (N).

Dengan mengetahui pendapat-pendapat diatas, marketers dapat menganalisis dan mengatur strategi online marketing yang tepat sehingga dapat diterima oleh new wave ready customers.

Marketeers edisi Nopember 2012, hal. 31

No comments:

Post a Comment