www.indonesiamatters.com |
Sebagai market leader di segmen full service carrier, Garuda Indonesia
merasa perlu untuk mengamankan posisinya dari kompetitor baru. Untuk itu
dibentuklah unit usaha Citilink yang berperan sebagai fighting brand di segmen low
cost carrier. Saat ini, Citilink telah menjadi maskapai mandiri terlepas
dari induknya, namun tetap konsisten memegang perannya sebagai pengaman posisi
Garuda Indonesia.
Dengan positioning sebagai low cost carrier, Citilink memiliki misi reliable, affordable, and
fun. Reliable disini menganut nilai-nilai yang diutamakan Garuda
Indonesia berupa pelayanan dan safety,
affordable sesuai dengan positioning-nya, dan fun dengan mengemas konsep casual-elegan dalam layanan yang
diberikan pramugari.
Sebagai
pemain lama, Citilink cukup memiliki brand
awareness. Inovasi tetap menjadi kunci sukses mengingat Citilink bermain di
LCC. Berbagai strategi diferensiasi telah disiapkan, termasuk memaksimalkan inflight-store. Posisi sebagai game changer mengharuskan Citilink untuk
cukup kuat membayangi maskapai kompetitor yang mencoba memasuki segmen Garuda
Indonesia.
Marketeers edisi Oktober 2012, hal. 58
No comments:
Post a Comment