3.bp.blogspot.com |
PT Mabua
Harley-Davidson, distributor utama motor Harley-Davidson, berpandangan bahwa
Indonesia merupakan pasar yang potensial. Dari perkiraan 50.000 potential customer, setiap tahunnya PT
Mabua berhasil menjual 700 unit motor. Sebagian besarnya adalah repeat buyers.
Motor
Harley-Davidson sebagai luxury product
memiliki pasar yang spesifik, sehingga dibutuhkan strategi marketing yang spesifik pula di segmen niche market. Produk memiliki brand
awareness yang sangat tinggi dan kompetitor nyaris tidak ada. Dengan
demikian, hal yang relevan adalah value,
bagaimana meningkatkan value yang
akan diperoleh customer. Kendala
hanya satu, harga.
Membentuk
komunitas adalah strategi yang sudah dijalankan. Menjadi anggota sebuah
komunitas “elite” akan memberikan added value bagi customer. Menjaga image
adalah bagian dari mempertahankan brand
awareness, dengan cara me-manage
dengan baik setiap touring event yang
diselenggarakan sehingga tidak menimbulkan kesan arogan. Untuk mengatasi
kendala harga, diupayakan pendekatan kepada pihak pemerintah agar pajak impor
dan pajak barang mewah diturunkan sehingga dapat menggairahkan kembali pasar
Harley-Davidson.
Marketeers edisi Oktober 2012, hal. 79
No comments:
Post a Comment