Laman

November 12, 2012

Harley Is My Second Religion

3.bp.blogspot.com
PT Mabua Harley-Davidson, distributor utama motor Harley-Davidson, berpandangan bahwa Indonesia merupakan pasar yang potensial. Dari perkiraan 50.000 potential customer, setiap tahunnya PT Mabua berhasil menjual 700 unit motor. Sebagian besarnya adalah repeat buyers.

Motor Harley-Davidson sebagai luxury product memiliki pasar yang spesifik, sehingga dibutuhkan strategi marketing yang spesifik pula di segmen niche market. Produk memiliki brand awareness yang sangat tinggi dan kompetitor nyaris tidak ada. Dengan demikian, hal yang relevan adalah value, bagaimana meningkatkan value yang akan diperoleh customer. Kendala hanya satu, harga.

Membentuk komunitas adalah strategi yang sudah dijalankan. Menjadi anggota sebuah komunitas “elite” akan memberikan added value bagi customer. Menjaga image adalah bagian dari mempertahankan brand awareness, dengan cara me-manage dengan baik setiap touring event yang diselenggarakan sehingga tidak menimbulkan kesan arogan. Untuk mengatasi kendala harga, diupayakan pendekatan kepada pihak pemerintah agar pajak impor dan pajak barang mewah diturunkan sehingga dapat menggairahkan kembali pasar Harley-Davidson.

Marketeers edisi Oktober 2012, hal. 79

No comments:

Post a Comment