ecx.images-amazon.com |
Pepsi mengucurkan USD 20 Miliar untuk branding,
mengubah persepsi dari minuman “tidak peduli kesehatan” menjadi minuman “peduli
kesehatan”. Tujuannya adalah mempertahankan boomers
drinkers dan menambah millennial
drinkers. Di era peduli lingkungan dan sosial, Pepsi merasa perlu mengubah
persepsi customer dan memenangkan market share di carbonated soft drink.
Kampanye yang dilakukan lewat internet, sangat demokratis, sangat sosial,
dan sangat new wave. Secara branding
sukses luar biasa, tapi sales dan market share turun lima persen.
Strategi kampanye Pepsi dengan melibatkan peran aktif customer, consumer,
berikut komunitasnya, secara signifikan mengangkat brand awareness. Namun kampanye USD 20 Miliar itu dinilai gagal
mengubah persepsi customer. Pepsi
adalah carbonated soft drink,
persepsi itu tidak mudah diubah hanya dengan kampanye. Character sebagai elemen new
wave adalah sesuatu yang melekat, branding
pada legacy marketing hanya cover. Clarification adalah siapa Anda sesungguhnya, bukan sekadar Positioning.
Diulas oleh :
Hermawan Kartajaya
Jawa Pos, Rabu 24
Oktober 2012
No comments:
Post a Comment