Laman

November 09, 2012

Karakter Tak Bisa Diubah Hanya dengan Kampanye

ecx.images-amazon.com
Pepsi mengucurkan USD 20 Miliar untuk branding, mengubah persepsi dari minuman “tidak peduli kesehatan” menjadi minuman “peduli kesehatan”. Tujuannya adalah mempertahankan boomers drinkers dan menambah millennial drinkers. Di era peduli lingkungan dan sosial, Pepsi merasa perlu mengubah persepsi customer dan memenangkan market share di carbonated soft drink.

Kampanye yang dilakukan lewat internet, sangat demokratis, sangat sosial, dan sangat new wave. Secara branding sukses luar biasa, tapi sales dan market share turun lima persen.

Strategi kampanye Pepsi dengan melibatkan peran aktif customer, consumer, berikut komunitasnya, secara signifikan mengangkat brand awareness. Namun kampanye USD 20 Miliar itu dinilai gagal mengubah persepsi customer. Pepsi adalah carbonated soft drink, persepsi itu tidak mudah diubah hanya dengan kampanye. Character sebagai elemen new wave adalah sesuatu yang melekat, branding pada legacy marketing hanya cover. Clarification adalah siapa Anda sesungguhnya, bukan sekadar Positioning.

Diulas oleh : Hermawan Kartajaya
Jawa Pos, Rabu 24 Oktober 2012

No comments:

Post a Comment