smallbusinessindia.intuit.in |
Hermawan
Kartajaya mentrans-formasikan selling
di Legacy Marketing menjadi commercialization
di New Wave Marketing. Selling berfokus pada closing dan commision, sedangkan commercialization
mencakup aspek yang lebih luas dari sekadar selling.
Dalam e-commerce, semua elemen marketing mix dan differentiation ada di sana. Mulai dari conversation, communal
activation, currency, dan co-creation. Jadi penjualan di internet
tidak semata selling and buying. Salesmanship technique untuk “memaksa” customer tidak berlaku di e-commerce. Salesperson harus mampu menguasai elemen marketing mix.
Dalam dunia nyata, pergeseran pun perlu dilakukan dari istilah salesman ke person-commerce. Marketing
bukan lagi salesperson menargetkan closing dan mendapat commision, namun seorang person-commerce yang membangun relationship/partnership-selling. Dimulai dengan mengerti situasi dan persoalan customer, mencoba menawarkan solusi,
membantu mengambil keputusan, dan meyakinkan bahwa keputusan customer tidak
salah.
Diulas oleh :
Hermawan Kartajaya
Jawa Pos, Minggu
21 Oktober 2012
No comments:
Post a Comment