Laman

November 09, 2012

Dari Salesman ke Person-Commerce

smallbusinessindia.intuit.in
Hermawan Kartajaya mentrans-formasikan selling di Legacy Marketing menjadi commercialization di New Wave Marketing. Selling berfokus pada closing dan commision, sedangkan commercialization mencakup aspek yang lebih luas dari sekadar selling.

Dalam e-commerce, semua elemen marketing mix dan differentiation ada di sana. Mulai dari conversation, communal activation, currency, dan co-creation. Jadi penjualan di internet tidak semata selling and buying. Salesmanship technique untuk “memaksa” customer tidak berlaku di e-commerce. Salesperson harus mampu menguasai elemen marketing mix.

Dalam dunia nyata, pergeseran pun perlu dilakukan dari istilah salesman ke person-commerce. Marketing bukan lagi salesperson menargetkan closing dan mendapat commision, namun seorang person-commerce yang membangun relationship/partnership-selling. Dimulai dengan mengerti situasi dan persoalan customer, mencoba menawarkan solusi, membantu mengambil keputusan, dan meyakinkan bahwa keputusan customer tidak salah.

Diulas oleh : Hermawan Kartajaya
Jawa Pos, Minggu 21 Oktober 2012

No comments:

Post a Comment