www.shopaware.com |
Salesmanship technique yang biasa diterapkan oleh salesperson menempatkan customer sebagai target. Teknik
antisipasi objection pun dipelajari
supaya tidak terjadi penolakan oleh customer.
Segala jurus dikeluarkan untuk mencapai satu kata, “closing”. Salesmanship
technique inilah yang dikritisi oleh Hermawan Kartajaya.
Memposisikan customer sebagai teman akan menghilangkan situasi memaksa-dipaksa tersebut. Sebagai teman, salesperson hanya memberikan saran terbaik bagi temannya. Tidak ada paksaan disana. Customer bebas menentukan pilihannya. Jadi teknik mengantisipasi objection diubah menjadi teknik memberi suggestion.
Selanjutnya dalam
after sales service, tugas salesperson sebagai teman adalah berupa
kewajiban moral untuk meyakinkan bahwa pilihan customer tidak salah. Kemampuan meyakinkan ini dapat mempengaruhi
loyalitas customer.
Diulas oleh :
Hermawan Kartajaya
Jawa Pos, Sabtu
20 Oktober 2012
No comments:
Post a Comment