www.greenskyandbluegrass.com |
Menyimak perkembangan customer
service ke customer care,
Hermawan Kartajaya membaginya menjadi 3 tingkat. Tingkatan pertama adalah customer service yang berdasarkan SOP
yang banyak digunakan oleh bisnis ritel. Customer
satisfaction yang timbul mempertimbangkan cost and benefit, dan customer loyalty yang dihasilkan adalah intellectual loyalty.
Dalam tingkatan kedua, customer
service memperhatikan customer
expectation and perception dengan merujuk pada hospitality industry. Customer
satisfaction timbul dari positioning, differentiation, branding yang mampu dicapai perusahaan, dan customer
loyalty yang dihasilkan adalah emotional
loyalty.
Tingkatan
berikutnya adalah customer care atau service with character, dengan lebih menyelami
customer anxiety and desire. Untuk
mengetahui keresahan dan hasrat, customer service harus memiliki
karakter seorang teman yang peduli. Customer
satisfaction tidak hanya sebatas product
dan brand, tapi juga experience. Spiritual loyalty diyakini akan timbul pada tingkatan ini dan karakter
seorang customer care mutlak
menentukan dalam proses value creation.
Diulas oleh :
Hermawan Kartajaya
Jawa Pos, Sabtu 27
Oktober 2012
No comments:
Post a Comment