www.ellenpickett.com |
Media sosial bermakna berbicara dengan orang lain,
bukan berbicara kepada orang lain. Konsep dua arah ini memungkinkan marketer memanfaatkan media sosial
sebagai research tool untuk
mengetahui pendapat consumer tentang
suatu product. Kelebihannya dari
riset tradisional adalah besarnya populasi pengguna, real time, dan keleluasaan mengungkapkan anxiety and desire.
Facebook Groups dapat dimanfaatkan untuk mengamati
pembicaraan antar customer tentang
suatu product. Facebook Fan Pages
juga dapat difungsikan sebagai alat survey dengan iming-iming hadiah agar customer mau berpartisipasi dalam
survey. Pilihan lainnya adalah memanfaatkan Facebook Ads untuk menempelkan survey links.
Twitter dapat difungsikan sebagai research tool, didukung dengan pemilihan
topik dan insentif yang menarik. Media lainnya adalah Pinterest yang
memungkinkan konsumen memiliki beberapa pinboard
sesuai dengan minat mereka, dan mengetahui apakah konsumen memberikan pin untuk
suatu situs. Dan terakhir adalah LinkedIn yang lebih bersifat personal untuk
memperkenalkan diri sendiri dan meminta pendapat orang lain mengenai suatu product.
Marketeers edisi Oktober 2012, hal. 86
No comments:
Post a Comment