Laman

November 12, 2012

Try Other Functions of Social Media: A Market Research Tool

www.ellenpickett.com
Media sosial bermakna berbicara dengan orang lain, bukan berbicara kepada orang lain. Konsep dua arah ini memungkinkan marketer memanfaatkan media sosial sebagai research tool untuk mengetahui pendapat consumer tentang suatu product. Kelebihannya dari riset tradisional adalah besarnya populasi pengguna, real time, dan keleluasaan mengungkapkan anxiety and desire.

Facebook Groups dapat dimanfaatkan untuk mengamati pembicaraan antar customer tentang suatu product. Facebook Fan Pages juga dapat difungsikan sebagai alat survey dengan iming-iming hadiah agar customer mau berpartisipasi dalam survey. Pilihan lainnya adalah memanfaatkan Facebook Ads untuk menempelkan survey links.

Twitter dapat difungsikan sebagai research tool, didukung dengan pemilihan topik dan insentif yang menarik. Media lainnya adalah Pinterest yang memungkinkan konsumen memiliki beberapa pinboard sesuai dengan minat mereka, dan mengetahui apakah konsumen memberikan pin untuk suatu situs. Dan terakhir adalah LinkedIn yang lebih bersifat personal untuk memperkenalkan diri sendiri dan meminta pendapat orang lain mengenai suatu product.

Marketeers edisi Oktober 2012, hal. 86

No comments:

Post a Comment