Laman

November 12, 2012

Jokowi dan Marketing

c84381.r81.cf2.rackcdn.com
Jokowi sebagai Marketer of the year 2010 kategori Government & Public Services terpilih sebagai Gubernur Jakarta 2012-2017. Dalam pilkada, Hermawa Kartajaya melihat 5 strategi marketing yang diterapkan Jokowi:

Prinsip low budget high impact yang dilakukan dengan mengundang partisipasi simpatisan. Prinsip ini juga dapat diterapkan dengan memanfaatkan media sosial.

New wave marketing: horizontal, inklusif, sosial. Jokowi berani berpasangan dengan Ahok, dan melakukan kampanye sosial langsung ke ke lokasi.

Pendekatan pada youth, woman, netizen: dengan merangkul grup band Slank, kaum ibu-ibu di pasar, dan para blogger.

Mengutamakan heart-share daripada mind-share dalam bentuk acara makan bersama, membahas hal-hal kemasyarakatan dan bukan pemikiran-pemikiran pelik.

Menggeser focus dari product ke customer ke human spirit, dengan dialog mengakomodir kebutuhan manusia sebagai makhluk sosial.

Marketeers edisi Oktober 2012, hal. 48

No comments:

Post a Comment