Laman

November 09, 2012

Beda Google dan Facebook

joshmilenthal.com
Google menerapkan commercialisation yang pengertiannya lebih luas dari sekadar selling. Dalam commercialisation tercakup transactional relationship, partnership selling, dan personal commercialisation. Commercialisation dapat juga diartikan persahabatan yang memiliki nilai komersial.

Berbeda dengan selling, dalam commercialisation, customer bukan target melainkan teman yang ingin kita berikan suatu nilai tambah. Pertemanan ini tidak semata hubungan kemitraan, namun dapat dipandang sebagai awal dari suatu akses baru. Dalam commercialisation, customer tidak hanya merasa diuntungkan dari nilai tambah tersebut, tapi juga memperoleh kesempatan mengembangkan commercial value-nya sendiri.

Search-engine yang dimiliki Google merupakan satu bentuk codification, sebuah diferensiasi yang otentik. Tidak ada selling disana, yang ada adalah commercialisation. Customer tidak pernah merasa dirugikan, bahkan memperoleh nilai tambah dan kesempatan untuk mengembangkan value-nya sendiri. Setiap komponen new wave marketing mix tercakup dalam search-engine Google.

Diulas oleh : Hermawan Kartajaya
Jawa Pos, Senin 22 Oktober 2012

No comments:

Post a Comment