Laman

November 12, 2012

Disney Cast Members: Do The Best For The Guests

4.bp.blogspot.com
We Create Happiness” adalah tema yang diusung oleh Disney, dan Cast Member adalah julukan bagai pegawainya. Disney University melakukan berbagai pengamatan untuk men-transform kata ramah ke dalam sikap karyawan dan meneliti bagaimana keramahan memberikan suatu positive experience bagi pengunjung. Usaha ini menghasilkan performance tips, suatu standar sikap yang menjadi pegangan bagi seluruh karyawan. Performance tips menetapkan standar bagaimana karyawan berinteraksi dan men-deliver positif experience.

Hal pertama yang ditekankan adalah menciptakan eye contact dan tersenyum. Cast Member harus menciptakan suasana kegembiraan. Tatapan dan senyuman hanyalah sebuah interaksi singkat namun sudah merupakan positif experience.

Berikutnya adalah sapaan hangat dan ucapan selamat datang. Setiap pengunjung yang datang mengharapkan akan memperoleh kegembiraan di Disney, dan Cast Member bertugas untuk mewujudkan harapan tersebut pada kesan pertama.

Ketiga, berusaha menciptakan interaksi, dengan melemparkan pertanyaan, menjawab pertanyaan, atau penyampaian informasi yang mungkin menarik bagi pengunjung. Kejutan juga disiapkan untuk beberapa pengunjung yang beruntung berupa kemudahan yang tidak dapat dinikmati oleh pengunjung lain.

Immediate service recovery, adalah suatu tugas Cast Member untuk mengatasi kondisi seandainya timbul ketidaknyamanan yang dirasakan oleh seorang pengunjung.

Terakhir adalah selalu tunjukkan body language yang menyenangkan, karena pengunjung selalu berpikiran bahwa Disney adalah tempat yang sempurna untuk mendapatkan kegembiraan.

Marketeers edisi Oktober 2012, hal. 88

No comments:

Post a Comment