www.jmorganmarketing.com |
Peningkatan quality, cost, dan delivery process (QCD) merupakan kunci mencapai customer satisfaction. Pada
kenyataannya, perusahaan belum tentu memiliki kapabilitas dan kompetensi untuk
meningkatkannya. Kolaborasi merupakan alternatif untuk memaksimalkan QCD. Brand, service, dan process
bergeser pada era new wave menjadi character,
care, dan collaboration.
Hermawan Kartajaya menguraikan tiga tipe proses yang dapat dimaksimalkan
QCD-nya dengan kolaborasi. Pertama adalah routine delivery order berkaitan dengan value
chain dari hulu ke hilir. Berikutnya adalah special customer request yang dapat
diserahkan ke outsourcing sehingga
perusahaan dapat berfokus pada produk. Dan terakhir adalah new product development dapat dikolaborasi
dengan perusahaan yang bergerak di bidang riset pasar, desain produk, hingga product launching.
Pergeseran ke arah kolaborasi membutuhkan manajemen kolaborasi yang dapat
meningkatkan QCD sehingga memberikan competitive
advantage.
Diulas oleh :
Hermawan Kartajaya
Jawa Pos, Selasa 30
Oktober 2012
No comments:
Post a Comment