Laman

November 12, 2012

Kolaborasi Adalah Spirit Proses

www.jmorganmarketing.com
Peningkatan quality, cost, dan delivery process (QCD) merupakan kunci mencapai customer satisfaction. Pada kenyataannya, perusahaan belum tentu memiliki kapabilitas dan kompetensi untuk meningkatkannya. Kolaborasi merupakan alternatif untuk memaksimalkan QCD. Brand, service, dan process bergeser pada era new wave menjadi character, care, dan collaboration.

Hermawan Kartajaya menguraikan tiga tipe proses yang dapat dimaksimalkan QCD-nya dengan kolaborasi. Pertama adalah routine delivery order berkaitan dengan value chain dari hulu ke hilir. Berikutnya adalah special customer request yang dapat diserahkan ke outsourcing sehingga perusahaan dapat berfokus pada produk. Dan terakhir adalah new product development dapat dikolaborasi dengan perusahaan yang bergerak di bidang riset pasar, desain produk, hingga product launching.

Pergeseran ke arah kolaborasi membutuhkan manajemen kolaborasi yang dapat meningkatkan QCD sehingga memberikan competitive advantage.

Diulas oleh : Hermawan Kartajaya
Jawa Pos, Selasa 30 Oktober 2012

No comments:

Post a Comment