www.beyondphilosophy.com |
Customer care atau service
with character, adalah tuntutan era kekinian dimana persaingan tidak
terbatas pada product saja. Value creation dimaksimalkan hingga lini
terakhir sampai pada penciptaan customer
spiritual loyalty. Hingga pada titik dimana care tidak dapat dideskripsikan dengan sebuah job description. Karakter SDM menjadi penentu dapat tidaknya sebuah
perusahaan memberikan kepedulian pada customer
yang dipandang sebagai teman.
Care dapat dilihat pada health care industry
karena karakter dokter dan perawat pada prinsipnya adalah care. Dalam beberapa kasus, care
dokter dan perawat diyakini dapat membantu mempercepat kesembuhan pasien.
Dokter praktik yang ramah pun akan lebih ramai pasien daripada yang kurang care.
Care dapat dimulai
dari culture building dengan
menanamkan nilai-nilai perusahaan pada perilaku karyawan. Selanjutnya perlu culture engagement agar karyawan
benar-benar menyatu, bukan sekadar mengikuti culture. Dan terakhir harus dimunculkan culture pride agar karyawan bangga dan melakukannya dengan sukarela.
Keteladanan dan pembentukan karakter mutlak diperlukan dalam membangun customer care yang tidak sekadar
melaksanakan job description.
Diulas oleh :
Hermawan Kartajaya
Jawa Pos, Minggu
28 Oktober 2012
No comments:
Post a Comment