Laman

October 19, 2012

Empat Macam Pelanggan Masa Depan

masbadar.files.wordpress.com
Communal activation yang tercepat dan termudah adalah melalui dunia maya. Conversation dapat terjadi dimana saja dan kapan saja, dan dapat diakses oleh komunitas secara real time. Marketers selayaknya memiliki pandangan seperti apa wujud conversation di masa datang agar dapat mengantisipasi bentuk channel penjualan yang akan terbentuk dan strategi marketing yang sesuai. Untuk itu, ada baiknya kita mengintip perspektif Telkom sebagai market leader di bidang “communal provider”.

Telkom melakukan capital expenditure senilai Rp 20 triliun pada jaringan fiber-optic yang akan meningkatkan kecepatan akses hingga 30 kali lipat. Tujuannya, untuk mengantisipasi empat macam pelanggan masa depan: (1) Smart mobility customer: pengguna ponsel diberikan nomor universal yang berlaku untuk gadget atau operator manapun, (2) Smart home customer: telepon rumah termasuk paketnya dalam bentuk internet protocol television (IPTV), (3) Smart solution customer: pelanggan kantor disediakan koneksi yang lebih baik, dan (4) Smart machine customer: internet protocol untuk peralatan rumah tangga.

Identifikasi pelanggan dilakukan Telkom untuk lebih memahami customer anxiety and desire. Conversation one-to-many telah diantisipasi. Bila customer bisa saling berkomunikasi, akan timbul communal activation. Setiap conversation yang terjadi dalam komunitas dapat memicu penjualan.

Diulas oleh : Hermawan Kartajaya
Jawa Pos, Jumat 19 Oktober 2012

No comments:

Post a Comment