Laman

October 12, 2012

Saya Butuh 4G, Saya Ingin Wifi


Diulas oleh : Hermawan Kartajaya
Jawa Pos, Jumat 12 Oktober 2012

Kembali dalam ulasan berikutnya dibahas mengenai pergeseran dari Legacy Marketing ke New Wave Marketing, namun dilihat dari aspek Marketing Mix. Dengan mencontohkan bisnis di bidang perhotelan, perbedaannya disandingkan sebagai berikut:


Legacy Marketing (4P)
New Wave Marketing (4C)
1.
Product: kamar hotel dengan segala fasilitasnya.
Co-creation: kamar hotel dan fasilitas-fasilitas lain yang ingin dinikmati.
2.
Price: tergantung kamar yang dipilih berikut fasilitas yang disediakan.
Currency: tergantung kamar yang dipilih (fixed) dan fasilitas-fasilitas lain yang ingin dinikmati (variable)
3.
Place: hotel
Communal Activation: melalui Apps, transaksi bisa terjadi dimana saja.
4.
Promotion: event untuk memperkenalkan produk
Conversation: setiap komunikasi adalah “the event

Pada bagian lain, disinggung beberapa istilah yang berkembang pada New Wave Marketing. Dalam vertikal marketing kita mengenal customer wants and needs, pada masa transisi istilahnya ditambah dengan customer expectations and perceptions, lebih dalam lagi pada horizontal marketing perlu dipertimbangkan juga customer anxiety dan desire.

Kecemasan dan hasrat sering tidak terucapkan walaupun ditanya. Bisa karena sensitif atau mungkin memang tidak disadari customer sendiri. Seorang perempuan, ketika ditanya apakah look sexy itu suatu need and want, belum tentu menjawab iya. Padahal, secara umum, perempuan sangat gelisah ketika merasa tidak seksi. Atau malah ada hasrat terpendam untuk jadi seksi. Tapi, kalau anxiety and desire itu bisa ditangkap, sebuah brand bisa memberikan hope, bahkan bisa jadi hero.

No comments:

Post a Comment