Laman

October 17, 2012

Leadership Metrics di Era New Wave

“Leadership is not a person or a position. It is a complex moral relationship between people, based on trust, obligation, commitment, emotion, and a shared vision of the good” (Joanne Ciulla).

www.presentsir.com
Ketika sebuah brand telah mencapai tahap leadership, customer akan menjadi pengikutnya, menjadikannya topik pembicaraan, dan mengikuti semua konsep pemikirannya. Dalam tahap ini, akan timbul keyakinan customer akan sebuah brand. Rasa percaya ini kemudian dapat berkembang menjadi komitmen, bahkan dapat melibatkan emosi.

Bagaimana sebuah brand dapat melakukannya? Brand dapat mulai mengaktifkan komunitasnya (communal activation). Sekali komunitas telah terbentuk, selanjutnya brand harus bisa memicu terjadinya conversation. Conversation antar anggota komunitas jauh lebih efektif daripada bujukan salesman. Komunitas dengan full conversation sama dengan channel penjualan lengkap dengan kegiatan promosi. Dan semua itu dapat berlanjut tanpa campur tangan brand.

Diulas oleh : Hermawan Kartajaya
Jawa Pos, Rabu 17 Oktober 2012

No comments:

Post a Comment