nerdnirvana.org |
Co-creation memungkinkan customer memperoleh benefit yang berbeda dari basic
product yang sama. Ada aspek tantangan disini, dan customer mengetahui konsekuensinya terhadap currency. As long as it is
fair, customer berani membayar currency lebih mahal untuk memperoleh total benefit yang lebih tinggi. Sebaliknya,
customer yang ingin memperoleh currency lebih rendah harus melakukan
sejumlah efforts dengan memanfaatkan co-creation.
Co-creation menciptakan currency, sebagaimana product menciptakan price pada legacy marketing.
Perbedaannya, co-creation melibatkan customer secara langsung dalam
penciptaan currency, sedangkan price merupakan suatu hal yang harus
diterima.
Price (Legacy Marketing)
|
Currency (New Wave Marketing)
|
|
1.
|
Given: ditentukan
oleh produsen berdasarkan cost dan
profit margin
|
Flexible: tergantung
co-creation yang ditentukan oleh customer
|
2.
|
One-to-many models:
satu harga untuk semua customers
|
One-to-one models:
satu harga untuk satu customer
|
3.
|
Harga yang sama untuk
benefit berbeda
|
Harga berbeda untuk
benefit yang berbeda
|
4.
|
Equality: harga “dipaksa”
sama
|
Fairness: harga
bukan masalah as long as it is fair
|
Diulas oleh :
Hermawan Kartajaya
Jawa Pos, Minggu 14 Oktober 2012
No comments:
Post a Comment