blog.bcmpublicrelations.com |
Pada ulasan “Siklus Yang Saling Memperkuat”,
dibahas bagaimana seorang marketers
harus menciptakan channel distribution
dengan communal activation. Pada ulasan kali ini dibahas mengenai proses communal activation melalui conversation. Percakapan yang mampu
mengaktifkan komunitas adalah percakapan multiarah (many-to-many conversation).
Sebuah brand trip advisor dapat melakukan communal activation dengan memulai conversation via email yang meminta review
pengalaman customer di beberapa hotel
yang pernah dikunjungi.
Ketika review customer dibaca orang lain, customer merasa berkontribusi terhadap
persoalan seputar brand hotel. Sense of contribution akan menimbulkan
antusiasme customer terhadap brand. Customer mungkin juga memperoleh manfaat berupa “penghargaan” dari brand hotel atas review positif, atau klarifikasi
atas review negatif.
Dari sisi pembaca, review
atas brand hotel akan membantu mengambil
keputusan dalam melakukan sebuah perjalanan. Review ini jauh lebih dipercaya
daripada review satu arah dari pihak hotel sendiri karena bersumber dari
komunitas pelancong.
Dari sisi hotel, review harus
disikapi dengan baik karena muncul dari sebuah komunitas customer-nya. Review positif dapat ditindaklanjuti dengan reward dan review negatif harus disikapi
dengan komitmen perbaikan. Follow up yang
dilakukan sebuah brand hotel dapat
men-triger conversation baru tentang brand
hotelnya.
Dengan banyaknya conversation yang terjadi, komunitas
telah diaktifkan. Banyaknya review “jujur” dari customer dapat menjadi referensi bagi customer lain, dan menjadi bahan evaluasi bagi brand hotel. Trip advisor
tinggal memanfaatkan communal activation
itu sebagai channel penjualan.
Diulas oleh : Hermawan
Kartajaya
Jawa Pos, Kamis 18
Oktober 2012
No comments:
Post a Comment