cdn-u.kaskus.co.id |
Fibriyani Elastria, EVP Marketing PT AXA Mandiri
Financial Services, menuturkan bagaimana strategi marketing di dunia asuransi. Brand
awareness memegang peranan penting, artinya biaya promosi mengambil porsi
yang besar. Inovasi above the line
promotion dipionirkan melalui television
commercial break (tvc) dengan cara simple dan intensitas tinggi yang
ditujukan pada masyarakat luas. Promosi below
the line pun dilakukan yang diyakini cukup signifikan mengangkat brand awareness.
Asuransi perlu menciptakan produk yang tepat
memenuhi kebutuhan konsumen (customer
driven product). Untuk itu perlu dilakukan segmentasi produk berikut
aktivitas komunikasi yang tepat untuk menyampaikan produk tersebut. Perlu dipahami
bahwa produk asuransi hanya berupa konsep, manfaatnya sendiri baru dirasakan di
masa mendatang. Adalah suatu tantangan bagi marketers
asuransi untuk meyakinkan manfaat yang belum dirasakan tersebut.
Marketers
diharapkan selalu aware dan mencari
tahu apa yang sedang terjadi di pasar. Munculnya pemain baru mungkin menjadi ancaman
di kemudian hari. Kompetitor baru mungkin memiliki strategi baru yang perlu
dipelajari dan diamati keberhasilannya. Yang pasti jangan under-estimate.
Marketeers edisi Oktober 2012, hal. 38
No comments:
Post a Comment