Laman

October 16, 2012

My Best Worst Experience

cdn-u.kaskus.co.id
Fibriyani Elastria, EVP Marketing PT AXA Mandiri Financial Services, menuturkan bagaimana strategi marketing di dunia asuransi. Brand awareness memegang peranan penting, artinya biaya promosi mengambil porsi yang besar. Inovasi above the line promotion dipionirkan melalui television commercial break (tvc) dengan cara simple dan intensitas tinggi yang ditujukan pada masyarakat luas. Promosi below the line pun dilakukan yang diyakini cukup signifikan mengangkat brand awareness.

Asuransi perlu menciptakan produk yang tepat memenuhi kebutuhan konsumen (customer driven product). Untuk itu perlu dilakukan segmentasi produk berikut aktivitas komunikasi yang tepat untuk menyampaikan produk tersebut. Perlu dipahami bahwa produk asuransi hanya berupa konsep, manfaatnya sendiri baru dirasakan di masa mendatang. Adalah suatu tantangan bagi marketers asuransi untuk meyakinkan manfaat yang belum dirasakan tersebut. 

Marketers diharapkan selalu aware dan mencari tahu apa yang sedang terjadi di pasar. Munculnya pemain baru mungkin menjadi ancaman di kemudian hari. Kompetitor baru mungkin memiliki strategi baru yang perlu dipelajari dan diamati keberhasilannya. Yang pasti jangan under-estimate.

Marketeers edisi Oktober 2012, hal. 38

No comments:

Post a Comment