Laman

October 16, 2012

Perang Tiga Pihak

hiphop.hypeeater.com
Pembuat gadget, pencipta operating system, dan telecom operator adalah ketiga pihak yang pada era teknologi ini saling bersaing untuk menguasai customer.

Pembuat gadget seperti BlackBerry unggul di Indonesia yang memiliki network tidak begitu bagus sehingga compressed technology BBM dapat diandalkan. Telecom operator hanya menjadi bagian dari paket-paket yang ditawarkan BBM. Apple sendiri bisa melakukan kontrol ketat sehingga koneksitasnya terjamin.

Android sebagai pencipta operating system menyerang kepopuleran BBM dan Apple dengan menerapkan sistim open-source berbasis Linux. System open-source memiliki komunitas program yang sangat besar yang makin memperkuat fungsi Android. Android pun menguasai pembuat gadget seperti Samsung, LG, Motorola, HTC, dan lainnya.

Telecom operator tidak mau ketinggalan. Untuk memperkuat network, mulai dilakukan investasi pada kabel fiber-optic, karena koneksi kabel fiber-optic lebih reliable daripada wireless. Bahkan mobile gadget dengan operating system tercanggih pun akan sia-sia tanpa network yang kuat.

Persaingan yang ketat di dunia maya tentu akan menghasilkan produk dan benefit yang maksimal bagi customer. Mobile gadget akan jadi pusat semua aktivasi sekaligus saluran penjualan. Marketers selayaknya menyadari dan mulai menyusun strategi yang tepat seiring perkembangan teknologi.

Diulas oleh : Hermawan Kartajaya
Jawa Pos, Selasa 16 Oktober 2012

No comments:

Post a Comment